PO ANS Sumatera Barat

PO ANS, perusahaan transportasi legendaris dari Sumatera Barat

by admin 16 October 2022

Perusahaan jasa transportasi yang berdiri sejak 1960-an, PO ANS memang layak menjadi perusahaan legendaris di Sumatera Barat. PT Anas Nasional Sejahtera atau sering disebut PO ANS, sudah malang melintang di bidang jasa transportasi, khususnya angkutan bus. Rute atau trayek yang dilayani adalah beberapa kota di jawa, menuju kota – kota di Sumatera Barat. 

Sejarah PO ANS

PO ANS didirikan oleh Haji Anas, beliau berasal dari daerah Balingka, Kabupaten Agam. Di kabupaten ini, kita juga mengenal destinasi wisata alam yaitu Danau Maninjau. Awal mula, beliau tidak langsung terjun ke bidang transportasi, dimulai dengan berdagang, kemudian memiliki usaha rokok. Dari ketekunan beliau, usaha rokok ini menjadi besar dan berkembang pesat. Dari hasil usaha ini, beliau dapat membeli beberapa truk, dimana truk ini digunakan untuk mendistribusikan rokok sampai ke kota Medan. Pada akhirnya, sekitar tahun 1960-an, Haji Anas mendirikan perusahaan otobus yang saat itu masih melayani trayek dalam provinsi. Pada medio tahun 1970-an, Haji Anas berinovasi dan beralih ke trayek antar provinsi. 

Trayek PO ANS Sumatera Barat

ANS melayani trayek ke arah barat, dari Jakarta ke berbagai kota tujuan di pulau Sumatra, seperti Banda Aceh, Medan, Pekan Baru, Padang, Bukit Tinggi, Pariaman, dan lainnya. Selain ke barat, ANS juga membuka trayek dari Jakarta ke arah timur, seperti ke Surabaya, Malang hingga Denpasar, Bali. Namun untuk saat ini, trayek terjauh di pulau jawa hanya sampai dengan kota Bandung. 

Inovasi PO ANS Sumatera Barat

PO ANS dapat bertahan sampai dengan saat sekarang, tentu saja dengan mempertahankan kualitas pelayanan dan juga armada yang digunakan. Secara reguler, armada PO ANS selalu diremajakan. Hal ini tentu menjadi nilai tawar dan selalu mempunyai tempat di hati masyarakat. Armada PO ANS hampir semuanya dibuat di karoseri Morodadi Prima di kota Malang. Seperti diketahui, karoseri ini menghasilkan bus dengan standar dan kualitas eropa. Semua terstandarisasi eropa, mulai dari body sampai dengan desain. Dan yang terbaru adalah PO ANS merilis empat unit bus Patriot TE menggunakan sasis milik perusahaan otomotif ternama Mercedes Benz dengan tipe OH 1626.

Dengan semakin baiknya jalur transportasi darat di pulau sumatera, seperti dengan dibangunnya tol trans sumatera, maka aksesibilitas orang dan barang menjadi lebih mudah. Dan khususnya mobilitas masyarakat dari kota-kota di sumatera barat seperti kota Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Solok dan lainnya ke daerah lain di jawa akan lebih mudah. Dengan kemudahan ini, harapannya akan melanggengkan perusahaan transportasi yang sudah ada seperti PO ANS, maupun melahirkan perusahaan baru, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi yang murah, mudah, cepat dan aman.

Image Source : IG Morodadi Prima