Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

by admin 15 October 2022

Masjid Raya Sumatera Barat yang terletak tepat di jantung kota Padang, menjadi masjid terbesar di provinsi ini. Masjid yang berada di Jalan Khatib Sulaiman ini memiliki desain yang ikonik, dengan bentuk atap khas bangunan suku Minangkabau. Masjid ini setiap hari selalu ramai dikunjungi wisatawan dan masyarakat untuk beribadah. 

Desain Masjid Raya Sumatera Barat

Konstruksi masjid terdiri dari tiga lantai. Ruang utama yang dipergunakan sebagai ruang salat terletak di lantai atas, memiliki teras yang melandai ke jalan. Denah masjid berbentuk persegi yang melancip di empat penjurunya. Diawali peletakan batu pertama pada 21 Desember 2007, pembangunannya tuntas pada 4 Januari 2019 dengan total biaya sekitar Rp325–330 miliar, sebagian besar berasal dari APBD Sumatera Barat.

Sayembara Masjid Raya Sumatera Barat

Arsitektur masjid ini merupakan hasil rancangan Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat yang diikuti oleh ratusan arsitek dari berbagai negara pada tahun 2007. Secara umum, arsitektur masjid ini mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau dengan ciri bangunan berbentuk gonjong, hingga penggunaan ukiran Minang sekaligus kaligrafi pada dinding bagian luar. Selain itu, arsitektur masjid ini juga menggambarkan kejadian peletakan batu Hajar Aswad dengan menggunakan kain yang dibawa oleh empat orang perwakilan suku di Kota Mekkah pada setiap sudutnya.

Wisata Religi Sumatera Barat

Daerah sumatera barat selain memiliki keindahan alam yang mempesona, daerah ini mayoritas masyarakatnya religius. Banyak surau maupun masjid yang dapat dijadikan wisata religi. Masjid Mahligai Minang ada sebutan lain untuk masjid raya ini. Seperti kota Bukittinggi yang memiliki ikon Jam Gadang, masjid ini menjadi ikon baru kota Padang. Masjid ini memiliki tiga lantai, dimana lantai kedua adalah ruang utama dalam masjid sebagai tempat utama shalat berjamaah. Sedangkan lantai tiga juga bisa sebagai tempat alternatif untuk para jamaah shalat, atau sebagai tempat istirahat jika pengunjung sepi. Di bagian luar, terdapat taman dengan hamparan rumput hijau. Selain itu Masjid ini juga menyediakan fasilitas parkir yang bisa menampung sekitar 600 mobil, sehingga anda tidak akan kesulitan saat membawa kendaraan ke masjid ini.

Masjid kebanggan rakyat minang ini juga memiliki menara yang menjulang dengan ketinggian 85 meter. Menara tersebut bisa dinaiki hingga ketinggian 44 meter menggunakan lift, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Padang dari ketinggian. Ditambah lagi pada malam hari, Masjid ini tampak anggun dengan lampu yang menghiasi sekeliling masjid. Karenanya, bagi anda wisatawan yang datang dari luar Padang, rasanya kurang afdhal jika anda tak mampir ke Masjid Raya kebanggan masyarakat minang ini.

Image Source :