Rendang Khas Minangkabau - Fahira Hotel Bukittinggi

Rendang, makanan khas Minangkabau yang mendunia

by admin 02 June 2022

Rendang saat ini menjadi makanan khas Minangkabau yang mendunia. Makanan ini dihasilkan dari proses memasak yang lama. Dimasak dengan api kecil selama lebih kurang 6 jam. Rendang pada umumnya berasal dari daging sapi. Diolah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah yang melimpah, serta santan kelapa kental.

Rendang merupakan masakan yang berasal dari Sumatera Barat. Yang mana di daerah ini merupakan tempat asal dari suku Minangkabau. Dan memang, selain alam Sumatera Barat yang indah, daerah ini juga memiliki keragaman olahan masakan. Dari hidangan pembuka, hidangan utama seperti Rendang, Nasi Kapau. Sampai dengan hidangan penutup.

Jenis-Jenis Rendang

Rendang merupakan makanan khas Minangkabau, yang paling umum, jenis rendang dibagi menjadi dua yaitu kering dan basah. Sama halnya dengan olahan Gudeg dari Jogja, ada yang kering dan basah. Jika basah berarti olahannya terdapat sedikit kuah. Rendang basah sering juga disebut dengan Kalio. Proses memasak untuk rendang basah membutuhkan waktu yang lebih sedikit, karena santan dibiarkan tidak mengering maksimal.
Untuk rendang kering, dimasak dalam waktu yang lama. Santan yang ada dibiarkan mengering. Warna dari daging pun menjadi menghitam, dengan tekstur yang khas. Jika proses memasaknya sempurna, rendang ini dapat bertahan dalam suhu ruang hingga empat minggu.

Variasi Rendang

Rendang berbahan dasar daging sapi asli. Namun dibeberapa daerah, ditemukan variasi bahan dasarnya. Ada yang berbahan dasar ayam, telur, paru sapi, ikan dan lain-lain. Tentu saja tetap dengan bumbu rempah dan santan kelapa. Untuk rendan telur dan paru, dapat dikatakan olahan khas dari daerah Payakumbuh. Masyarakat sekitar menyebut dengan randang talua. Dari daerah Bukittinggi, selain itik lado mudo, dikenal juga dengan rendang bebek atau randang itiak.

Terkenal sampai mancanegara

Suku Minangkabau memang dikenal sebagi suku perantau. Tidak hanya merantau di nusantara, namun juga sampai ke mancanegara. Di perantauan inilah, mereka berusaha atau memiliki usaha berupa warung atau kedai. Sehingga sudah sangat awam bahwa dimanapun pasti ada warung padang. Ketenaran rendang telah membuatnya rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International tahun 2011

Itulah informasi singkat tentang masakan khas suku Minangkabau yaitu Rendang. Kemudian Apabila Anda berencana berkunjung ke Bukittinggi, untuk keperluan bisnis maupun traveling, pastikan dan percayakan tempat Anda menginap di Fahira Hotel Bukittinggi, hotel dengan konsep syariah dan memberikan pelayanan sepenuh jiwa.

Credit Image :