Kemegahan Jembatan Kelok Sembilan

Kemegahan Jembatan Kelok Sembilan

by admin 06 March 2022

Kelok 9 atau Kelok Sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kemegahan Jembatan Kelok Sembilan ini berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam: Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Terlihat mendebarkan namun sangat menawan. Jembatan Kelok 9 menghubungkan dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat dengan Riau.

Sejarah Jembatan Kelok Sembilan

Jalan Kelok 9 dibangun semasa pemerintahan Hindia Belanda antara tahun 1908–1914. Jalan ini meliuk melintasi Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatra. Jika direntang lurus panjang Kelok Sembilan hanya 300 meter dengan lebar 5 meter dan tinggi sekitar 80 meter. Jalan ini awalnya dibangun untuk memperlancar transportasi dari Pelabuhan teluk Bayur ke wilayah timur.

Fungsi dan peran utama Jembatan Kelok Sembilan

Kelok 9 merupakan bagian dari jalan utama penghubung dua kota besar yaitu Padang dan Pekanbaru, dan secara umum menghubungkan provinsi Sumatera Barat dan provinsi Riau. Dengan adanya jalan penghubung ini juga melancarkan akses antara daerah di sisi timur dan barat pulau Sumatera.

Pada tahun 2000, lalu lintas kendaran antara Sumatra Barat dan Riau sudah mencapai antara 9.000 sampai 11.000 kendaraan sehari dengan mengangkut sekitar 15,8 juta orang dan sekitar 28,5 juta ton barang dalam setahun. Separuh dari barang yang diangkut adalah hasil pertanian dan peternakan. Karena penyempitan jalan di Kelok Sembilan, perjalanan dari Bukittinggi menuju Pekanbaru yang mestinya dapat ditempuh dalam waktu 4 jam, bisa memakan waktu 5 sampai 6 jam.

Sekilas struktur jembatan

Kemegahan Jembatan Kelok Sembilan terbagi dalam enam buah jembatan. Panjang keenam jembatan tersebut berbeda-beda karena menyesuaikan topografi tanah dan panjang lekuk jembatan itu sendiri. Uniknya, saat melewati kelok keempat, kamu akan melihat dua tebing yang saling terhubung dan lengkungannya membentuk seperti kubah.

Jembatan yang indah dan memesona ini merupakan karya anak bangsa dengan menggunakan konsep green construction serta memanfaatkan produksi dalam negeri. Jembatan Kelok 9 dibangun 2011 dan selesai pada 2013. Ketika diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, jembatan ini dikatakan sebagai ikon konstruksi nasional yang monumental.

Dan Apabila Anda berencana berkunjung ke Bukittinggi, untuk keperluan bisnis maupun traveling, pastikan dan percayakan tempat Anda menginap di Fahira Hotel Bukittinggi, hotel dengan konsep syariah dan memberikan pelayanan sepenuh jiwa.

Image source :