Ngarai Sianok - Fahira Hotel Bukittinggi

Ngarai Sianok, pesona alam yang mempesona

by admin 09 November 2020

Pesona alam sumatera barat menjadikan magnet bagi siapa saja, dan salah satu pesona alam yang memukau adalah Ngarai Sianok. Terletak di pinggiran Kota Bukittinggi, lembah ini memanjang hingga sampai di daerah Palupuh. Sebuah lembah yang curam, sedalam sekitar 100 meter dan membentang tidak kurang dari 15 km, menawarkan pemandangan alami yang dapat me-recharge dengan energi positif jiwa para wisatawan yang singgah.

Bentang alam ini, secara ilmu geologis terjadi karena adanya pergerakan patahan bumi dan membentuk Ngarai Sianok. Ibarat sebuah jalur pipa, di kedua sisi dibatasi oleh dinding atau tebing, dan di dasar lembah mengalir sebuah sungai. Aliran sungai ini begitu jernih dan segar, masyarakat menamakan sungai ini Batang Sianok.

Dalam bahasa Minangkabau, Sianok berarti sunyi. Benar saja, kawasan ini memang cukup tenang dan damai. Udaranya masih segar, belum tercemar dan kotor oleh polusi. Pengunjung yang datang tidak pernah berhenti, dari mulai pagi hari sampai tenggelam matahari. Opsi spot untuk menikmati pemandangan dari Ngarai Sianok dapat dilakukan dari atas ketinggian, maupun dari dasar lembah.

Jika menikmati Ngarai Sianok Kota Bukittinggi dari ketinggian, wisatawan dapat singgah di Taman Panorama. Sejauh mata memandang, bentangan Ngarai akan terlihat jelas, ditambah dengan background Gunung Singgalang yang gagah. Cukup dengan membayar lima belas ribu saja, wisatawan dapat masuk ke taman ini.

Tak kalah menarik juga, apabila wisatawan menikmati Ngarai Sianok dari dasar lembah. Aliran sungai Batang Sianok melantunkan melodi alam, dihias dengan persawahan yang hijau nan asri, memberikan suntikan semangat baru bagi wisatawan. Bagi yang memutuskan untuk turun ke lembah, jangan lupakan spot kuliner yang ada, yaitu Itiak Lado Hijau yang disajikan oleh kedai yang ada.

Dengan letak Ngarai Sianok yang tidak jauh dari Kota Bukittinggi, maka akses dan fasilitas pendukung sangat memadai. Anda dapat menuju ke objek wisata ini menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dan jika Anda berencana berkunjung ke Bukittinggi, untuk keperluan bisnis maupun traveling, pastikan dan percayakan tempat Anda menginap di Fahira Hotel Bukittinggi, hotel dengan konsep syariah dan memberikan pelayanan sepenuh jiwa.

Sumber foto :